TY - THES N1 - H. Suwadi, M.Ag., M.Pd. ID - digilib19103 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19103/ A1 - EKA WULAN SARI, NIM. 11410090 Y1 - 2015/06/12/ N2 - Eka Wulan Sari. Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa melalui Kultur Madrasah (Studi Kasus di MTs Ali Maksum Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah fakta bahwa terdapatnya berbagai problem di pendidikan yang belum sepenuhnya dapat memenuhi berbagai harapan masyarakat. Hal tersebut terbukti dari kemerosotan moral yang mewarnai dunia pendidikan seperti yang terjadi dilembaga pendidikan diantaranya masih banyaknya siswa yang melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas, datang terlambat, menyontek, membolos dan ketidakpatuhan siswa pada guru. Berbagai hal sikap tersebut terjadi karena menipisnya atau hilangnya sikap disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Untuk menangani fenomena tersebut, adanya kultur sekolah/madrasah mampu menjadi cara untuk mengatasinya. Dengan adanya kultur sekolah/madrasah diharapkan akan mampu membentuk karakter disilin dan tanggung jawab pada diri siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MTs Ali Maksum Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena penelitian khusus mempelajari, meneliti, dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan yang meliputi tingkah laku belajar, tingkah laku mengajar dan tingkah laku belajar mengajar. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data yang berarti merangkum dan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dalam bentuk bagan, tabel, dan teks naratif kemudian memberikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui kultur madrasah di MTs Ali Maksum Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah Yogyakarta dibentuk melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian. 2) Media yang digunakan dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MTs Ali Maksum Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah Yogyakarta yaitu arsitektur madrasah (lingkungan madrasah), artifak, simbol, ritual, seremoni, dan sejarah atau cerita. 3) Faktor pendukung pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui kultur madrasah diantaranya adanya asrama khusus untuk siswa, koordinasi yang baik antara pihak madrasah, pendamping asrama dan orang tua siswa, lingkungan madrasah dan asrama yang kondusif, peraturan madrasah yang mendukung setiap kegiatan yang ada di dalam madrasah, motivasi dan keteladanan yang baik dari guru serta karyawan, dan adanya kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambat pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa diantaranya latar belakang keluarga yang kurang baik, sarana dan prasarana madrasah yang belum maksimal dan lingkungan pergaulan yang kurang baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Karakter Disiplin KW - Karakter Tanggung Jawab KW - Kultur Madrasah M1 - skripsi TI - PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KULTUR MADRASAH (STUDI KASUS DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA DAN MTS NURUL UMMAH YOGYAKARTA) AV - restricted ER -