eprintid: 19115 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/91/15 datestamp: 2016-01-28 02:10:51 lastmod: 2016-01-28 02:10:51 status_changed: 2016-01-28 02:10:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARI WIBOWO, NIM. 08470134 title: MODERNISASI KURIKULUM PESANTREN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: modernisasi, kurikulum, dan madrasah note: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini berangkat dari persoalan perkembangan dan kemajuan pendidikan dimana arus modernisasi menjadi penting dalam pengembangan pendidikan Islam. Sedangkan madrasah diniyah sebagai salah satu bentuk pendidikan Islam diperlukan proses modernisasi sehingga tidak tergerus oleh globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, modernisasi kurikulum pesantren di madrasah diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman telah mengalami proses modernisasi dilihat dari empat hal yaitu 1) digunakannya scientific thinking dalam pembelajaran yang dilakukan dan pengelolaan madrasah yang dijalankan, 2) tata kelola adiministrasi madrasah diniyah yang baik dan tertib, 3) digunakannya alat teknologi informasi, dan 4) terlaksananya tugas keorganisasian dalam pengurus madrasah diniyah Ash-Sholihah. Kedua, bentuk-bentuk modernisasi kurikulum di madrasah diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman terdapat pada dua komponen yaitu komponen metode dan evaluasi yang dilakukan. Bentuk modernisasi dalam metode yaitu digunakannya pembelajaran yang menyenangkan dan pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan dalam evaluasi yaitu perencanaan yang terstruktur dalam bentuk kepanitian dan penggunaan alat bantu teknologi komputer dalam pengolahan nilai yang dilakukan. Sedangkan dalam komponen isi tidak ditemukan bentuk modernisasi dikarenakan materi-materi pembelajaran bersumber pada kitab klasik. Kata Kunci: modernisasi, kurikulum, dan madrasah date: 2015-08-18 date_type: published pages: 99 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ARI WIBOWO, NIM. 08470134 (2015) MODERNISASI KURIKULUM PESANTREN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19115/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19115/2/BAB%20II%2C%20III.pdf