TY - THES N1 - Dr. Subiyantoro, M. Ag. ID - digilib19129 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19129/ A1 - AMRITA KURNIA KUSUMANINGRUM, NIM. 11470032 Y1 - 2015/10/05/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwa untuk menghadapi era globalisasi dimana persaingan semakin ketat di berbagai aspek termasuk dalam hal pendidikan. Untuk merespon kondisi ini pendidikan di Indonesia diharapkan selalu meningkatkan kreativitas dalam meningkatkan mutu pendidikannya agar dapat bersaing dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Untuk itu lembaga pendidikan Islam dalam hal ini khususnya madrasah tidak dapat lagi dikelola secara tradisional tetapi membutuhkan kemampuan khusus sehingga output pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat sebagai pelanggan eksternal. Lembaga pendidikan yang bermutu yaitu lembaga yang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggannya khususnya pelanggan eksternal yaitu siswa dan sesuai dengan tuntutan masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan sistem manajemen yang terstruktur dan baik yang dapat dijadikan pedoman salah satunya adalah sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara mencari dan menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi data. Analisis data penelitian kualitatif ini melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi langkah-langkah implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di MAN Yogyakarta I adalah: (1) adaptasi; (2) sosialisasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008; (3) pengangkatan koordinator manajemen mutu ISO 9001:2008; (4) perumusan komitmen mutu; (5) menyiapkan dokumen sistem mutu; (6) audit internal; (7) audit eksternal; (8) tindak lanjut dan rapat tinjauan mutu. Hasil peningkatan mutu pelayanan setelah diterapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di MAN Yogyakarta I dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: (1) pelayanan; (2) administrasi; (3) pembelajaran. Faktor pendukung implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di MAN Yogyakarta I adalah: (1) adanya kebijakan dari Kanwil Kementerian Agama DIY; (2) ketersediaan dana; (3) kondisi MAN Yogyakarta I yang kondusif. Faktor penghambat implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di MAN Yogyakarta I adalah: (1) kurangnya referensi tentang implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di lembaga pendidikan; (2) adanya sebagian warga MAN Yogyakarta I yang belum komitmen terhadap implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Kata Kunci: Sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, mutu pelayanan PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 KW - mutu pelayanan M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MAN YOGYAKARTA I AV - restricted EP - 136 ER -