TY - THES N1 - Drs. Rofik, M.Ag ID - digilib19133 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19133/ A1 - NUR KHALIMAH, NIM. 11410216 Y1 - 2015/06/12/ N2 - Nur Khalimah, Peran Guru PAI dalam Pengembangan Religiusitas Peserta Didik Tunanetra dalam Masa Religius Doubt di MTs Yaketunis Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi keadaan religiusitas peserta didik tersebut, mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengembangkan religiusitas peserta didik tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta dan mendeskripsikan usaha yang dilaksanakan pihak sekolah dan pihak guru dalam mengembangkan religiusitas terhadap peserta didik tunanetra pada masa religious doubt. Peran guru dalam pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam membentuk dan mengembangkan religiusitas peserta didik. Terutama pada peserta didik tunanetra, guru memberikan peranan sangat penting karena pada masa religious doubt peserta didik tunanetra yang juga sama seperti remaja normal lainnya yang mengalami fase bergejolak baik karena pengaruh internal seperti hormon maupun pengaruh eksternal berupa pengaruh lingkungan, sehingga guru PAI seharusnya mengembangkan religiusitas peserta didik tunanetra tersebut untuk mencegah terjadinya penyimpangan. Skripsi ini membahas 1) Bagaimana peran guru PAI dalam mengembangkan religiusitas peserta didik tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta 2) keadaan religiusitas peserta didik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat diambil kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan: 1) peran guru pendidikan agama islam di MTs Yaketunis Yogyakarta yaitu penasehat, model atau teladan dan guru sebagai konselor adapun peran secara tidak langsung melaui usaha mengembangkan religiusitas peserta didik tunanetra yang dilakukan guru PAI maupun pihak sekolah antara lain, doa bersama sebelum dan sesudah pelajaran, pembelajaran tahfidz, pembiasaan tadarus alquran, pemberian motivasi, senyum sapa salam, membiasakan sifat peduli oranglain, membiasakan shalat jumat, Shalat dhuhur berjamaah di sekolahan dan kultum bagi peserta didik. 2) Religusitas peserta didik dilihat dari lima dimensi religiusitas Masrun dkk yaitu dimensi iman, dimensi Islam, dimensi ihsan, dimensi ilmu, dan dimensi amal cukup baik. Hal ini terlihat dalam perilaku sehari-hari peserta didik tunanetra MTs Yaketunis Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - peran guru KW - religiusitas M1 - skripsi TI - PERAN GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK TUNANETRA DALAM MASA RELIGIOUS DOUBT DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA AV - restricted ER -