%A NIM. 11390008 PUTRI ANDRIANI %O MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, SE., M.Sc. %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA ATM (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA) %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dimensi (1) variabel tangibles, (2) variabel reliability, (3) variabel responsiveness, (4) variabel assurance terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM pada Bank BNI Syariah Cabang Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Sampel yang diambil sebanyak 100 nasabah dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3) dan assurance (X4). Sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan nasabah (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3) dan assurance (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial dapat diketahui bahwa variabel tangibles (X1) dan reliability (X2), tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM. Sedangkan variabel responsiveness (X3) dan assurance (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM. %K kepuasan nasabah, tangibles, reliability, responsiveness dan assurance. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19148