TY - THES N1 - Muhammad Qowim M.Ag ID - digilib19174 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19174/ A1 - AFI FARKHAN MASRUR, NIM: 11470114 Y1 - 2015/07/08/ N2 - Pendidikan merupakan salah satu elemen yang penting dalam kehidupan. Namun yang tidak kalah penting adalah penanaman jiwa entrepreneurship. Dengan adanya pendidikan melalui proses pembelajaran entrepreneurship diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap aspek kemandirian individu. Terlebih pendidikan tersebut direalisasikan untuk para santri difabel (cacat fisik) yang cenderung membutuhkan bantuan dalam mewujudkan keinginannya untuk mandiri. Sehingga tujuan penelitain ini adalah: (1) Mengetahui pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren al amin sleman yogyakarta. (2) Mengetahui manfaat pendidikan entrepreneurship dalam membentuk kemandirian santri difabel Pondok Pesantren Al-Amin. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun olah data dan analisa data dimulai dari transcribing, labelling, grouping, comparing, dan contrasting sertainterpreting. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pendidikan entrepreneurship yang diterapkan di Pondok Pesantren Difabel Al-Amin Sleman Yogyakarta dengan 4 cara yaitu: pembelajaran teori tentang entrepreneurship, bimbingan, dan motivasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya dampak positif yang ditimbulkan berupa adanya unit usaha yang dikelola santri difabel, percaya diri dalam bertindak dan mempunyai keahlian dalam berwirasusaha. Kata kunci: Pendidikan Entrepreneurship dan Manfaatnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Entrepreneurship dan Manfaatnya. M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DIFABEL DI PONPES AL-AMIN SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 254 ER -