TY - THES N1 - Dr. Subiyantoro, M.Ag. ID - digilib19179 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19179/ A1 - MUHAMMAD IQBAL SAIMIMA, NIM: 11471001 Y1 - 2015/08/08/ N2 - Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa lembaga pendidikan madrasah saat ini telah sedikit berkurang kepercayaan oleh masyarakat karena mereka pada umumnya berfikir bahwa madrasah hanya mengajarkan ilmu keagamaan saja, hal ini terjadi dikarenakan madrasah kurang memperhatikan pentingnya pemasaran atau marketing dalam memasarkan madrasah mereka ke masyarakat umum. Maka dari itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peran strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh MTs Negeri Sleman Kota dengan mengacu pada teori marketing mix serta faktor-faktor yang mempengaruhi minat pendaftar di MTs Negeri Sleman Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini yaitu dengan kepala sekolah, bagian humas, bagian kurikulum, wali murid dan murid. Observasi yang dilakukan adalah mulai dari mengamati cara pemasaran yang dilakukan oleh madrasah, keadaan madrasah, keadaan guru, keadaan karyawan dan keadaan siswa. Selanjutnya dokumentasi yang terkumpul berupa foto penghargaan dari berbagai lomba, foto lahan parkir, foto ruangan yang berada di madrasah, rincian pembayaran administrasi siswa, brosur penerimaan siswa baru, pembagian tugas mengajar guru, daftar sarana dan prasarana dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan sebagai upaya meningkatkan minat pendaftar di MTs Negeri Sleman Kota dengan menggunakan metode marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process sehingga mampu mempengaruhi masyarakat untuk memilih MTs Negeri Sleman Kota. Selain itu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi minat pendaftar yaitu faktor kualitas pelayanan, faktor persepsi harga, faktor lokasi dan faktor fasilitas, dari beberapa faktor tersebut faktor kualitas pelayanan paling mempengaruhi minat pendaftar. Kata Kunci: Pemasaran Jasa Pendidikan, Marketing Mix, Minat Pendaftar PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pemasaran Jasa Pendidikan KW - Marketing Mix KW - Minat Pendaftar M1 - skripsi TI - STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MADRASAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT PENDAFTAR DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 116 ER -