%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMAD ARDANI, NIM. 10391006 %B FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM %D 2015 %F digilib:19186 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K keputusan pembelian, personal selling, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, periklanan, prudential, asuransi syariah, bagi hasil, unit link %T ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ASURANSI JIWA SYARIAH DI PRUDENTIAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19186/ %X Pemasaran jasa dalam lembaga keuangan membutuhkan mutu pelayanan sebagai atribut terpenting dalam produknya. Dewasa ini persaingan dibidang jasa sangat ketat. Jika perusahaan tidak mampu menghadapinya maka akan ketinggalan dan akhirnya gulung tikar. Sebagai suatu usaha untuk menciptakan keputusan pembelian penting dengan memperhatikan aspek personal selling dengan meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan periklanan. Pada kasus industri asuransi dimana tujuan bisnis-nya adalah dibangun oleh keloyalan nasabah dengan masalah kualitas pelayanan (service quality) menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan bisnis. Dalam hal ini pengaruh tenaga pemasar, kualitas pelayanan dan periklanan merupakan unsur yang sangat penting dan pelayanan melibatkan unsur psikis (rasa) yang memiliki kepekaan dan kedinamikaan tinggi. Nasabah merasa puas dengan pelayanan yang melebihi harapan mereka sehingga timbullah suatu kesetiaan. Apabila kesetiaan itu sudah timbul dihati nasabah, maka akan tercipta pelanggan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh personal selling, kelima dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) dan periklanan sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data yang diperoleh berasal dari seratus kuisioner yang disebar kepada nasabah Prudential Yogyakarta dengan teknik accidental sampling. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefesien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square menunjukkan angka 0,099. Hal ini berarti variabel dependen (keputusan pembelian) dipengaruhi oleh variabel independen (Personal Selling, bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, periklanan) sebesar 9,9%. Dan sebesar 90,1 % (100%-9,9%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan angka signifikansi 0,000. Hal ini berarti variabel dependen (keputusan pembelian) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen (Personal Selling, bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, periklanan). Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel kehandalan (reliability) dan periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel personal selling, bukti fisik (tangible), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) menunjukkan hasil yang positif dan tidak signifikan. %Z SUNARSIH., SE. M.Si.