<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS"^^ . "Pemahaman tentang Islam sering kali diperbincangkan diseluruh dunia, bukan\r\nhanya di kalangan intelektual Islam, pemerhati dari agama non Islam pun ikut\r\nberkecimpung membahas masalah pemahaman Islam yang (terkadang dalam\r\nrealitas praktis) cenderung bersifat destruktif. Akibatnya, Islam dianggap sebagai\r\nagama yang monoton dan keras. Namun sangat ironis, Islam yang seperti itu\r\nselalu dianggap benar oleh kalangan Muslim Fundamentalis, yaitu mereka yang\r\nmenginginkan Islam seperti kondisi di mana Nabi Muhammad masih hidup tanpa\r\nmelihat konteks zaman saat ini. Pemahaman Muslim fundamentalis di sini banyak\r\nmelahirkan generasi yang tidak cakap mengatasi persoalan zaman yang semakin\r\nkompleks. Islam hanya diartikan sebagai sebuah ibadah tunduk kepada Sang\r\nPencipta dengan melakukan banyak amal saleh yang mereka tafsirkan dari al-\r\nQur’an dan Hadis. Padahal kandungan isi al-Qur’an tidak hanya berisi tentang\r\nperintah beramal saleh dan larangan untuk meninggalkan perbuatan buruk. Tetapi,\r\ndalam al-Qur’an juga banyak terdapat persoalan terkait sosial, ekonomi dan\r\npersoalan lain di luar ibadah. Itulah yang melatar belakangi skripsisi ini.\r\nSkripsi ini merupakan penelitian yang membahas tetang upaya kritik Ziauddin\r\nSardar terhadap Muslim fundamentalis yang cenderung bersifat pasif dan\r\ndestruktif. Sedangkan rekonstruksi peradaban Islam merupakan sebuah solusi yang\r\nditawarkan oleh Sardar. Sumber primer dari penelitian ini adalah lima buah karya\r\nSardar yang telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia yaitu, the Future of\r\nMuslim Civilisation (Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim), Information and\r\nthe Muslim World: A Srategy For The Twenty-first Century (Tantangan Dunia\r\nIslam Abad 21 Menjangkau Informasi), Islamic Futures: The Shape of Ideas to\r\nCome ( Masa Depan Islam), Science, Technology and Development In the Muslim\r\nWorld (Sains, Teknologi dan Pembangunan di Dunia Islam) dan Jihad Intelektual;\r\nMerumuskan Parameter-Parameter Sains Islam.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu murni penelitian kepustakaan\r\ndengan mengkaji beragam data, sekaligus meneliti referensi-referensi yang berasal\r\ndari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan metode yang\r\ndipakai adalah deskriptif yaitu memaparkan kritik Sardar terhadap Muslim\r\nFundamentalis dan solusi yang ditawarkannya terhadap fenomena Muslim\r\nFundamentalis secara jelas dan rinci. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini\r\nyaitu pendekatan induktif dengan menyaring ide-ide Sardar dalam buku-bukunya\r\nuntuk memperoleh suatu konsep umum mengenai kritik Sardar terhadap Muslim\r\nfundamentalis.\r\nHasil penelitian tentang Muslim Fundamentalis menurut Sardar, bahwa Muslim\r\nfundamentalis dalam memahami Islam cenderung bersifat dan bersikap pasif,\r\nSardar menyebut tindakan seperti itu dengan taklid. Apalagi dalam penafsiran\r\njihad yang bagi mereka merupakan perang suci dijalan Allah. Padahal bagi Sardar,\r\nketika dikaji dan ditafsirkan secara mendalam, jihad bukan merupan perang suci\r\nmembela agama, melainkan tindakan defensif untuk melawan ketidakadilan dan\r\npenindasan. Seringkali jihad diartikan dengan tindakan kekerasan oleh pemikirpemikir\r\nIslam yang lain, akan tetapi Sardar berbeda dalam memahami makna\r\nix\r\nJihad. Dari pemahaman seperti ini, sardar menginginkan sebuah rekonstruksi\r\nperadaban Islam agar Islam lebih berkembang dan tidak pasif. Sardar menekankan\r\nagar umat Islam bergerak maju kedepan sesuai perkembangan zaman dan\r\nmenjadikan masa lalu sebuah patokan atau pelajaran untuk melangkah ke depan,\r\nbukan menginginkan hidup di masa Nabi Muhammad masih hidup. Untuk\r\nmerekonstruksi peradaban Islam, umat Islam harus menghadapi tujuh tantangan\r\npokok diantaranya Pandangan-dunia Islam, epistimologi Islam, Syari’ah, Sains\r\ndan teknologi, lingkungan hidup, ekonomi serta sosial-politik."^^ . "2015-08-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11510014"^^ . "RUKMANIYAH"^^ . "NIM. 11510014 RUKMANIYAH"^^ . . . . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Text)"^^ . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Text)"^^ . . . "11510014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM\r\nFUNDAMENTALIS (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19238 \n\nKRITIK ZIAUDDIN SARDAR TERHADAP MUSLIM \nFUNDAMENTALIS\n\n" . "text/html" . . . "Filsafat Agama" . .