%0 Thesis %9 Skripsi %A PINTA ASTUTI, NIM. 11420070 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:19286 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran bahasa Arab dan edutainment %P 132 %T PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19286/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model Pembelajaran Bahasa Arab pada kelas 5 SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta yang ditinjau dari prinsip-prinsip edutainment dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk sumber data adalah guru mata pelajaran bahasa Arab kelas 5, anak didik kelas 5 dan guru bahasa Arab di kelas lain, kepala sekolah serta staf tata usaha. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis data dengan tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, menarik kesimpulan dan verifikasi, dan terakhir adalah triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran karena guru melakukan pendekatan yang intens terhadap siswa, memberi kebebasan pada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka dan mengoptimalkan tempat belajar selain kelas dan merancang pendidikan kolaboratif. (2) Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran masih kurang dan faktor pendukung terdapat pada fasilitas sekolah yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran berbasis edutainment. . %Z Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.