%0 Conference Paper %A Sumarni, Sri %B Proceeding Seminar Nasional Politik Pendidikan Nasional dan Tantangan %C Yogyakarta %D 2016 %F digilib:19288 %K Kurikulum Visioner Lingkungan, SDM abad 21. %P 160-164 %T WACANA KURIKULUM VISIONER BERBASIS LINGKUNGAN BERORIENTASI SDM ABAD 21 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19288/ %X Alam berubah, kehidupan manusia berubah, pendidikan juga harus berubah. Paradigmalam pendidikan membangun manusia dengan satu jenis kecerdasan saja yaitu IQ. Paradigm baru pendidikan lebih menekankan pada kecerdasan kreativitas (CQ) dan kecerdasan-kecerdasan lain yakni EQ, SQ AQ, Pembangunan SDM merupakan tanggung jawab bidang pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan Indonesia adalah membangun SDM yang berkualitas yang mampu hidup di er:. ^ * 1 ^ dan hidup di manapun di seluruh belahan bumi ini. Istilah abad 21 memberikan semangat baru kurikulum yang ada. Relevan dengan era 21 atau masa depan, maka melalui tulisan ini, nama kurikulumnya adalah kurikulum visioner. Kurikulum visioner adalah kurikulum yang berorientasi pada scientce, berbasis object study, implementasinya menyenangkan dan mengaktifkan siswa, dengan model evaluasi autentik. Lingkungan merupakan sumber pembelajaran agar pendidikan fungsional untuk kehidupan. SDM hasil pendidikan melalui kurikulum visioner sebagai berikut: mengakui keEsaan Alloh SWT, menjadi manusia sosialis berbudaya, serta tidak melakukan perusakan. Kata Kunci: Kurikulum Visioner Lingkungan, SDM abad 21.