%0 Thesis %9 Skripsi %A RIZA ZULIFTA ARDANI, NIM. 11420116 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:19294 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Membaca, CIRC, Reward %P 147 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19294/ %X Bahasa Arab merupakan suatu kebutuhan yang harus kita kenalkan kepada peserta didik sejak dini, karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi di dunia internasional, bahasa Arab juga digunakan sebagai alat untuk memahami khasanah keislaman. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang kurang tertarik mempelajarai bahasa Arab sehingga guru kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, eksperimentasi ini adalah salah satu solusi yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar bahasa Arab peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode CIRC dan Reward dan kelas kontrol yang menggunakan metode dasar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Sleman Kota, sehingga jumlah sampel sebanyak 33 orang untuk kelas eksperimen dan 33 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitin menunjukkan bahawa uji T pos test antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai thitung> ttabel (diterima) atau 11,314 > 1,660 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T peningkatan nilai pre test dan post test kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung > ttabel (diterima), sehingga diperoleh 9,797 > 1,660 pada taraf signifikansi 5%. Yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil peningkatan belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dan Reward pada pembelajaran bahasa Arab (Al-Qiro’ah) di kelas VIII MTs Negeri Sleman Kota tahun pelajaran 2015/2016. %Z Drs. Asrori saud, M.Si,