%A NIM. 11210009 HAMIDAH THIFAL EL YAZENDA %O Drs. Mokh. Sahlan, M.Si. %T AKHLAK MAHMUDAH DAN MADZMUMAH DALAM REKAMAN DONGENG RADIO EDUKASI EDISI JUNI 2015 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman akhlak pada anak sejak dini, karena apa yang akan ditanamkan pada masa kecil akan dituai pada masa dewasa kelak. Program acara Dongeng dapat digunakan untuk penanaman akhlak yang didengarkan melalui Radio Edukasi, lembaga dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penulis bertujuan untuk mengetahui kandungan akhlak mahmudah dan madzmumah yang disiarkan oleh Radio Edukasi sebagai media yang berbasis pendidikan. Sehingga dapat diketahui cara penyampaian yang dibuat oleh Tim Produksi Radio Edukasi baik berdasarkan jenis, waktu penyajian dan penggambarannya dalam dialog/narasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivis menggunakan metode analisis isi dengan rumus persentase yang dihitung melalui Microsoft Exel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu coding sheet untuk menganalisis data berupa 26 rekaman dongeng yang diambil pada bulan Juni 2015. Analisis yang dilakukan berdasarkan pembagian akhlak mahmudah dan madzmumah yang dikemukakan oleh Umary Barmawie. Hasil penelitian menunjukkan akhlak mahmudah terdiri dari 51% dan akhlak madzmumah 49%, yang berarti rekaman dongeng edisi Juni 2015 lebih dari setengahnya mengandung akhlak mahmudah. Akhlak yang dominan pada akhlak mahmudah adalah akhlak ar-rahmah (kasih sayang) dengan persentase 16,7% dan at-ta’aawun (tolong-menolong) 16,1%, sedangkan untuk akhlak madzmumah persentase tertinggi diantaranya yaitu akhlak adh-dhulmu (zalim/aniaya) sebanyak 14,9% dan al-ghadab 14,4%. Penggambaran akhlak mahmudah dan madzmumah pada umumnya ditunjukkan melalui dialog, sehingga dapat ditiru oleh anak-anak. %K Akhlak, Rekaman dongeng, Radio Edukasi. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19368