TY - THES N1 - Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si. ID - digilib19430 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19430/ A1 - ANGGARA NUR RAHMAT, NIM. 11600012 Y1 - 2016/01/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa, efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa, efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TAI dan TAI-ST serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII B, kelas VIII E, dan kelas VIII F. Instrumen penelitian berupa pretest-posttest dan pre angket-post angket serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis PMRI. Teknik analisis data pretest-posttest menggunakan statistika nonparametrik inferensial yaitu uji Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan uji Mann-Withney serta teknik analisis data pre angket-post angket menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (2) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (3) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa, (5) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa, (6) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap keaktifan siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Efektivitas KW - TAI KW - Snowball Throwing (ST) KW - TAI-ST KW - PMRI KW - Pemahaman Konsep KW - Keaktifan Belajar Siswa M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TIPE SNOWBALL THROWING (ST) BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA AV - restricted ER -