%A NIM. 11600012 ANGGARA NUR RAHMAT %O Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si. %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TIPE SNOWBALL THROWING (ST) BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa, efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa, efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TAI dan TAI-ST serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII B, kelas VIII E, dan kelas VIII F. Instrumen penelitian berupa pretest-posttest dan pre angket-post angket serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis PMRI. Teknik analisis data pretest-posttest menggunakan statistika nonparametrik inferensial yaitu uji Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan uji Mann-Withney serta teknik analisis data pre angket-post angket menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (2) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (3) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa, (5) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa, (6) pembelajaran kooperatif tipe TAI-ST berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif daripada pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap keaktifan siswa. %K Efektivitas, TAI, Snowball Throwing (ST), TAI-ST, PMRI, Pemahaman Konsep, Keaktifan Belajar Siswa %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19430