%0 Thesis %9 Skripsi %A ENDAH TRI SEPTIANA, NIM. 11600038 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:19432 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problem Based Learning, Think Pair Share, Pemahaman Relasional %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19432/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan metode Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman relasional siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan PBL yang dipadukan dengan metode TPS, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Manisrenggo tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman relasional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sample t test terhadap nilai gain hasil tes pemahaman relasional, yaitu nilai posttest dikurang nilai pretest dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan metode Think Pair Share (TPS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa. %Z Mulin Nu’man, M.Pd