%0 Report %9 Project Report %A PURNAMA, SIGIT %C Yogyakarta %D 2013 %F digilib:19437 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K materi, parenting education, munif chatib %T MATERI-MATERI PARENTING EDUCATION MENURUT PEMIKIRAN MUNIF CHATIB %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19437/ %X Penelitian yang berjudul Materi-Materi Parenting Education Menurut Pemikiran Munif Chatib ini dilatari oleh karena sampai saat belum ada materimateri standar yang dapat digunakan dalam pendidikan pengasuhan di lembagalembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Umumnya pengelola PAUD menyerahkan kepada orang tua tentang materi apa yang akan dikaji dalam kegiatan parenting. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran Munif Chatib, seorang praktisi dan konsultan pendidikan, tentang materi-materi parenting education. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa penelitian teks/kepustakaan dengan menggunakan jenis penelitian kepustaakan yang menekankan olahan kebermaknaan secara filosofis dan teoritis. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai key instrument, dengan menggunakan sumber data primer dan skunder. Proses pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: (1) membaca pada tingkat simbolik dan semantic, (2) mencatat pada kartu data, dan (3) memberi kode. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui beberapa tahap, yaitu: reduksi data, klasifikasi data, display data. Adapun metode analisisnya adalah dengan menggunakan metode verstehen (pemahaman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemikiran-pemikiran Munif Chatib tentang materi-materi parenting education didasarkan pada perspektifnya tentang anak dan orang tua. Munif Chatib memandang bahwa anak yang dilahirkan itu dengan membawa fitrah kebaikan, dan dalam perkembangannya dipengaruhi oleh gen dan lingkungan. Sedangkan pandangannya tentang orang tua adalah bahwa menjadi orang tua itu adalah anugrah mulia dari Allah dan kesempatan emas untuk beramal baik, oleh karena itu tidak boleh takut menikah dan memiliki anak. Pandangan-pandangan tersebut terinspirasi dan dengan memadukan berbagai bidang ilmu, yaitu agama (al-Qur’an-Hadits dan sirrah), psikologi perkembangan, psikologi anak, dan temuan-temuan terkini tentang otak, saraf, dan kecerdasan. (3) materi parenting education mencakup: merubah paradigma tentang anak, menjelajahi kemampuan anak, menemukan bakat anak, memilih sekolah yang tepat, dan menjadi guru bagi anak. Hasil penelitian tersebut di atas, dapat menjadi temuan dan kajian berikutnya, serta menjadi alternatif materi-materi parenting dalam kegiatan parenting education. Kata kunci: materi, parenting education, munif chatib