TY - CONF ID - digilib19439 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19439/ A1 - Prastowo, Andi Y1 - 2016/02/18/ N2 - Makalah ini ditujukan untuk menggagas konsep dasar kepemimpinan transformatif yang selaras dengan karaterisik pendidikan Islam dan dengan perkembangan dunia global sekaligus melihat implikasinya pada ranah praksis. Dalam al-Qur?an telah dikenal konsep kepemimpinan, yaitu khalifah fil ardh. Dan, berdasarkan hasil kajian terhadap konsep tersebut menggunakan metode penelitian kepustakaan (literer) dan teknik analisis hermeneutik post-strukturalisme maka diperoleh temuan, yaitu: pertama, konsep kepemimpinan dalam Islam, yang lazim dikenal, dengan istilah ?khalifah fil-ardh? sesungguhnya bukan sekedar menunjukkan kepemimpinan transformatif tetapi kepemimpinan transformatif-spiritual; kedua, model kepemimpinan transformatif-spiritual adalah konsep kepemimpinan yang berangkat dari pemaknaan kreatif terhadap perspektif konsep khalifah fil ardh, yang memadukan nilai-nilai kepemimpinan transformatif sekuler dengan nilai-nilai transenden yang melekat dan menjadi value serta worldview kepemimpinan tersebut; dan ketiga, implikasi model tersebut dalam kepemimpinan pendidikan Islam berupa kepemimpinan yang mampu menjadi role model, motivator, negosiator, dan generator dinamika perkembangan sekolah/madrasah sekaligus kreatif, inovatif, dan spiritual. Keywords: kepemimpinan transformatif-spiritual, khalifah fil-ardh, pendidikan Islam KW - kepemimpinan transformatif-spiritual KW - khalifah fil-ardh KW - pendidikan Islam TI - MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM ?Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh ? M2 - Yogyakarta AV - public T2 - Diskusi Ilmiah Dosen Tetap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ER -