%0 Thesis %9 Skripsi %A PURNOMO, NIM. 10660011 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:19440 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Usability, Wheel-crutch, Axilla-crutch, System Usability Scale (SUS), Mann-Whitney, Wilcoxon. %T ANALISIS PENGGUNAAN WHEEL-CRUTCH MODIFIKASI AXILLA- CRUCTH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19440/ %X Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas usability dari wheelcrutch modifikasi axilla-crutch serta untuk mengetahui perbandingan kualitas masing-masing jenis kruk. Hasil perhitungan kemudian dianalisis menggunakan uji setatistik dengan aplikasi SPSS 16. Dengan menggunakan beberapa uji antara lain uji partametrik (Uji T Independen, Uji T Berpasangan, Two-Way Anova) dan non parametrik (Uji Mann-whitney dan Wilcoxon). Uji tersebut digunakan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasi penelitian kedua jenis kruk. Objek penelitian ini adalah penggunaan wheel-crutch dan axilla-crutch. Data diambil secara langsung dari observasi lapangan, dengan lima ekperimen penelitian dan tiga lintasan berbeda (Kasar, Halus, Bergelombang). Data yang diperoleh dari penelitian berupa data waktu penyelesaian pekerjaan, data kesalahan dalam pekerjaan, data repetisis waktu pekerjaan, dan data kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dijumlah dan dirata-rata berdasarkan masing-masing eksperimen. Masing-masing hasil rerata tersebut dibandingkan dengan menggunakan uji statistik. Sedangkan untuk kuesioner dilakukan perhitungan menggunakan alat System Usability Scale (SUS). Hasil menunjukkan: (1) Ditinjau dari lintasan kondusif wheel-crutch merupakan kruk yang lebih usabel. (2) Pada lintasan gangguan Axilla-crutch merupakan jenis kruk yang lebih usabel. (3) dari kemudahan penggunaan kedua jenis kruk menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan.(4) dari uji SUS didapat nilai 69,5 dengan demikian wheel-crutch masuk dalam kategori layak. %Z Taufiq Aji, S.T., M.T.