@phdthesis{digilib19464, month = {January}, title = {PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA TIGA YOGYAKARTA)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10660046 ARIEF HIDAYAT}, year = {2016}, note = {Dwi Agustina, M.Eng}, keywords = {Kinerja, Pengukuran Kinerja, KPI, Performance Prism, AHP, OMAX}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19464/}, abstract = {Sistem pengukuran kinerja yang tepat akan dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan informasi tentang sejauh mana tingkat kinerja perusahaan dalam mencapat target yang telah direncanakan dan dapat mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan dalam mencapai target tersebut. Selama ini Pamella Supermarket hanya menekankan pada aspek keuangan sebagai tolak ukur pengukuran kinerja, karena lebih mudah diterapkan. Pengukuran kinerja berdasarkan aspek keuangan saja dianggap tidak mampu mengukur aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan seperti sumber daya manusia, tingkat kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan dan kesetiaan pelanggan. Untuk memperbaiki kondisi yang seperti itu maka diperlukan metode pengukuran kinerja yang dapat mengidentifikasi kepuasan stakeholder secara keseluruhan. Metode yang dapat mengidentifikasi tingkat kinerja dan kepuasan seluruh stakeholder adalah metode Performance Prism. Pengukuran kinerja menggunakan metode Performance Prism merupakan pengukuran kinerja yang terintegrasi, meliputi seluruh aspek perusahaan meliputi kepuasan dan kontribusi setiap stakeholder. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini didukung dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai bobot prioritas perusahaan pada setiap kriteria dan KPI setiap kriteria. Scoring sistem menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) untuk mengetahui nilai performansi total perusahaan. Perancangan pengukuran kinerja pada Pamella Tiga Supermarket Yogyakarta menghasilkan 38 KPI, 7 KPI perspektif Pimpinan Perusahaan 11 KPI perspektif Karyawan, 9 KPI perspektif konsumen, 6 KPI perspektif Suplier dan 5 KPI perspektif Masyarakat. Dari perhitungan pengukuran kinerja diperoleh nilai 7.26 yang berarti pencapaian kinerja Pamella Tiga Supermarket Yogyakarta menghasilkan kinerja yang sedang atau biasa-biasa saja.} }