eprintid: 19467 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/94/67 datestamp: 2016-04-28 07:08:33 lastmod: 2016-04-28 07:08:33 status_changed: 2016-04-28 07:08:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MARINI RAHMATINA, NIM. 12220073 title: LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENYIAPKAN SISWA TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Layanan Bimbingan Karir, Menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja. note: Muhsin Kalida S.Ag., MA. abstract: Anak tunagrahita merupakan anak yang mengalami hambatan pada intelektualnya. Penulis mengambil kelompok tunagrahita ringan yang dapat disebut juga anak tunagrahita mampu didik. Mereka dapat diberikan pendidikan dan latihan untuk kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang dapat mengarahkan siswa untuk mengembangkan potensi keterampilan vokasional agar siswa dapat melakukan segala sesuatunya secara mandiri setelah lulus dari sekolah. Keterampilan tersebut akan menjadi bekal untuk mereka lulus nanti sehingga dapat mandiri mencari maupun membuka usaha sendiri. Akan tetapi terkadang kenyataan yang ada bertolak belakang dengan apa yg diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode layanan bimbingan karir dalam menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah koordinator BK, guru kelas kejuruan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode layanan bimbingan karir dalam menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja di SLB Negeri Pembina. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi yang dilakukan dengan cara triangulasi tekni, sumber data, dan waktu. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam metode bimbingan karir dengan pendekatan kelompok dan dua metode bimbingan karir dengan pendekatan individu. Metode bimbingan karir dengan secara kelompok yaitu karyawisata, career day, latihan kerja (magang), demonstrasi, eksperimen, dan kegiatan kurikuler. Sedangkan metode bimbingan dengan secara individual yaitu konseling karir dan home visit. Beberapa metode tersebut digunakan oleh guru Bk sekaligus guru kelas sesuai dengan pembelajaran untuk menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja. date: 2016-03-21 date_type: published pages: 115 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MARINI RAHMATINA, NIM. 12220073 (2016) LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENYIAPKAN SISWA TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19467/1/12220073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19467/2/12220073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf