<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan"^^ . "Buku ini mendapat inspirasi dari pemikiran Imam Ghazali bahwa\r\ntujuan hidup manusia yang sebenarnya adalah mewujudkan manusia\r\nsempurna yang dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat (insan\r\nkamil), maksudnya agar manusia hidup di dunia ini dengan sebaikbaiknya\r\nakhlak demi keberhasilan kehidupan di akhir zaman (Hasan,\r\n2006: 125). Dari pernyataan di atas dapat difahami bahwa tujuan\r\nhidup yang benar menghendaki adanya tujuan yang seimbang antara\r\nkehidupan dunia dan akhirat, maksudnya agar manusia hidup di dunia\r\nini dengan sebaik-baiknya akhlak demi keberhasilan kehidupan di akhir\r\nzaman. Islam lebih memprioritaskan pendidikan akhlak, sebagaimana\r\nRasulullah bersabda:\r\nقْ\r\nَا\r\nخْل\r\nَْأ\r\nتَمِّمَّ مَكَارِمَ ال\r\nُ\r\nلِأ ثْتُ مَا بُعِ إنَّ\r\nArtinya :”Sesungguhnya, aku hanya diutus untuk menyempurnakan\r\nahklak” (Abdullah, 2010: 296).\r\nJadi tujuan hidup yang benar adalah akhlakul karimah yang mampu\r\nmenjaga keseimbangan hubungan dengan Allah SWT (habluminallah)\r\ndan dengan sesama manusia (habluminannas).\r\nTujuan hidup yang benar (true goal) dari hidup seseorang sangat\r\nberpengaruh pada bagaimana seseorang tersebut mempersepsikan\r\nkehidupan ini. Bagaimana seseorang mempersepsikan kehidupan\r\nsangat menentukan sikap dan perilakunya sehari-hari. Apabila tujuan\r\nhidup seseorang telah benar maka tentu saja sikap dan perilakunya juga\r\nakan tertuntun ke jalan yang benar. Di sinilah sebenarnya arti penting\r\ndari hakikat hidup manusia itu sendiri, yaitu: siapa yang memberinya\r\nhidup, mengapa dia hidup, untuk apa dia hidup, dan akan ke mana\r\nsetelah dia tidak hidup. Dari sini sebenarnya muncul peristiwa batin\r\nyang amat penting terjadi pada diri seseorang yang dapat memberikan\r\narah bagi hidupnya, sekaligus juga menentukan kualitas kehidupannya.\r\nTujuan hidup yang benar membutuhkan sikap positif dalam\r\nmewujudkannya, baik sikap positif terhadap diri maupun lingkungannya.\r\nBagaimanapun cara berpikir, bersikap, dan berperilaku dengan\r\norang lain sangat mempengaruhi tindakan seseorang dalam menjalani\r\nkehidupan ini. Jika kita dihinggapi oleh pikiran negatif dan sikap\r\npesimis, serta memperlakukan orang lain cenderung negatif maka\r\nhal-hal negatiflah yang biasanya terjadi pada dirinya. Karena sejatinya\r\nkehidupan akan memantulkan kembali apa yang telah diberikan kepada\r\nkehidupan. Orang yang negative feeling sering bersikap pesimis, tidak\r\nberani mencoba dan tidak jarang menyalahkan orang lain atas hal-hal\r\nyang tidak sesuai dengan keinginannya. Bagi yang memandang hidup\r\nini dari sisi negatifnya saja maka bisa dipastikan ia akan berada dalam\r\nkehidupan yang serba sulit dan menderita. Walaupun sebenarnya memiliki\r\nkehidupan yang nyaman, namun karena selalu berpikir negatif\r\nmaka ia tidak dapat melihat apalagi menikmatinya.\r\nSebaliknya bagi orang-orang yang senantiasa berpikir dan bersikap\r\npositif, maka dalam hidupnya akan dipenuhi rasa syukur atas\r\nsegala karuniaNya, mampu memberikan energi positif atas apa yang\r\ndianugerahkan\r\nkepadanya untuk membangun hubungan baik dengan\r\nSang Pencipta dan sesama makhluk di muka bumi, dan apapun yang\r\nterjadi dalam hidupnya senantiasa ditanggapi dengan tindakan positif.\r\nBahkan ketika mendapat musibah sekalipun, diambilnya sebagai pelajaran agar kelak tidak terulang kembali. Orang-orang seperti ini\r\nakan lebih ringan dan bahagia dalam menjalani hidup.\r\nMembiasakan berpikir positif, bersikap optimis, dan bertindak\r\nsecara arif memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Bagaimanapun\r\nsikap dan perilaku seseorang terbentuk sejak ia lahir sehingga\r\ntidak mudah mengubahnya. Agar terus dapat berpikir positif, bersikap\r\noptimis, dan bertindak secara arif dibutuhkan usaha yang sungguhsungguh\r\ndan konsisten dalam waktu yang relatif lama. Meskipun\r\ndemikian, tetap berusaha dengan sabar dan ikhlas berjuang adalah\r\nkunci utama.\r\nUraian di atas merupakan ringkasan isi modul yang merupakan\r\nsatu kesatuan dari buku PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN\r\nTINGGI ini. Buku yang ditulis dan disajikan kepada para pembaca\r\nini merupakan bagian dari disertasi yang penulis susun tahun 2012\r\nhingga 2014. Disertasi tersebut ditulis secara multidisiplin dan\r\nmenggunakan model penelitian Research and Development (R & D),\r\nsehingga mempunyai produk yang salah satunya disajikan dalam bentuk\r\nmodul. Modul ini disusun dan disajikan ke hadapan para pembaca\r\nuntuk memenuhi salah satu pendekatan diantara tiga pendekatan\r\npendidikan karakter (implementasi modul, membangun kultur, dan\r\nmengembangkan jejaring kerjasama). Harapan penulisan buku ini tidak\r\nsaja untuk mengubah cara pikir atau cara pandang para mahasiswa,\r\nnamun juga pola kebiasaan dan berperilaku, atau seluruh dimensi\r\nkarakter para mahasiswa agar bermanfaat baik bagi dirinya maupun\r\nbagi orang lain, dengan tetap teguh menjaga nilai-nilai moralitas.\r\nModul yang dilampirkan dalam buku ini dilengkapi dengan kisahkisah\r\ninspiratif agar dapat digunakan sebagai bahan refleksi bagi para\r\nmahasiswa untuk memahami siapa dirinya, siapa yang menciptakannya,\r\nuntuk apa mereka diciptakan, dan ke mana mereka akan kembali.\r\nInspirasi bisa datang dari mana saja dan dari siapa saja, termasuk dari\r\nmembaca berbagai kisah kehidupan yang menyentuh jiwa."^^ . "2015-03-01" . . "Vol. 1" . "No. 1" . . "9786021090381" . . "Lentera Kreasindo"^^ . . "Lentera Kreasindo"^^ . . . . . . . . "Sri"^^ . "Sumarni"^^ . "Sri Sumarni"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19477 \n\nPENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : Konsep dan Aplikasi Modal Sosial dalam Pendidikan\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .