<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan KTSP menjadi\r\nkurikulum 2013 (K13). Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional\r\nPendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar\r\npenilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian\r\nautentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan\r\npeserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses pembelajaran bukan hanya\r\nhasil. Penilaian ini juga menitikberatkan pada tiga ranah, yaitu pengetahuan,\r\nketerampilan dan sikap. Berbeda dengan penilaian sebelumnya yang hanya\r\nmenitikberatkan pada aspek pengetahuan saja. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajran tematik kelas IV di\r\nMIN Jejeran Bantul.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar\r\nMIN Jejeran Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,\r\nwawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan mencari serta menyusun secara\r\nsistematis data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan,\r\ndokumentasi, serta bahan-bahan lain. Analisis data kualitatif ini bersifat\r\ndeskriptif-analitik yaitu dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data,\r\nmenyajikan data, dan menarik kesimpulan.\r\nHasil penelitian: (1) Bentuk teknik dan instrumen penilaian autentik\r\ndalam pembelajaran tematik di MIN Jejeran Bantul yaitu (a) aspek pengetahuan\r\nmeliputi teknik: tes lisan, tes tertulis dan penugasan, sedangkan instrumennya\r\nberupa isian singkat dan uraian. (b) aspek keterampilan meliputi teknik: tes\r\npraktik dan unjuk kerja (performance). (c) aspek sikap meliputi teknik: observasi,\r\npenilaian diri, penilaian antar siswa dan jurnal. (2) Faktor pendukung penilaian\r\nautentik ini adalah adanya buku panduan guru, adanya sosialisasi dari pemerintah,\r\ndan adanya kerja sama yang baik antar guru dan sarana dan prasarana yang\r\nmemadai. Faktor penghambatnya adalah terlalu banyak ranah yang dinilai, sulit\r\ndidapat dan terlambatnya buku tematik, sertaadanyakesulitantersendiri yang\r\ndialami oleh guru saat memilah dan mengelompokkan soals esuai dengan KD.\r\nKata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, InstrumenPenilaian"^^ . "2015-10-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 10480029"^^ . "SOCHIBUR ROHMAN"^^ . "NIM: 10480029 SOCHIBUR ROHMAN"^^ . . . . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Text)"^^ . . . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19485 \n\nPELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .