relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19491/ title: PENGEMBANGAN PANDUAN EKSPERIMEN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK MI/SD KELAS IV SEMESTER I creator: ANISATUL MAHMUDAH, NIM: 11480002 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kualitas panduan eksperimen sains dengan pendekatan saintifik untuk peserta didik MI/SD kelas IV semester I dari beberapa para ahli, peer reviewer, guru wali kelas, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan panduan eksperimen sains ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan terakhir tahap Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk panduan eksperimen sains adalah instrumen non tes berupa angket yang memiliki skala pengukuran. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert yang mencakup komponen penilaian yaitu komponen kualitas isi, daya tarik, kebahasaan, evaluasi, dan keterlaksanaan. Uji coba yang dilakukan di lima sekolah/madrasah merupakan uji validasi dimana peserta didik hanya memberikan penilaian atau respon pada panduan eksperimen sains melalui angket dengan skala pengukuran yakni skala Guttman yang dibuat dalam bentuk check list. Data yang didapat merupakan data kualitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian dan dipersentase sehingga diketahui kualitas panduan berdasarkan presentase keidealan penilaian tersebut. Hasil Penelitian panduan eksperimen sains berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli, peer reviewer, dan guru wali kelas IV termasuk dalam kategori “SB” (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap panduan eksperimen sains dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif”. Persentase respon peserta didik yang merespon positif produk sebesar 97,9%, dan yang merespon negatif sebesar 2,08%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa panduan eksperimen sains dengan pendekatan saintifik untuk peserta didik MI/SD kelas IV semester I yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran IPA. Kata Kunci: pengembangan, panduan eksperimen sains, pendekatan saintifik. date: 2015-10-13 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19491/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19491/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: ANISATUL MAHMUDAH, NIM: 11480002 (2015) PENGEMBANGAN PANDUAN EKSPERIMEN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK MI/SD KELAS IV SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.