eprintid: 19492 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 8302 dir: disk0/00/01/94/92 datestamp: 2016-02-22 06:18:20 lastmod: 2016-02-22 06:28:40 status_changed: 2016-02-22 06:18:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL FAIZAH LESTARI, NIM : 11480006 title: PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembiasaan, Membaca Al-Qur’an. note: Nur Hidayat, M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembiasaan membaca Al- Qur’an yang sebaiknya dilakukan dari sejak kecil. Awal mula penerapan pembiasaan ini siswa akan cenderung untung menolak namun karena setiap hari pembiasaan ini diterapkan maka pembiasaan lama kelamaan dapat berjalan dengan sendirinya. MI Muhammadiyah Watubelah Banjarnegara merupakan salah satu madrasah yang menggunakan pembiasaan membaca Al-Qur’an di pagi sebelum pembelajaran dimulai. Dalam penerapannya pembiasaan yang diterapkan di madrasah ini berbeda-beda disetiap kelas, contohnya untuk kelas I pembiasaan membaca Al-Qur’an dilakukan dengan cara guru memandu siswa dalam membaca Al-Qur’an dan siswa menirukannya kemudian untuk kelas V pembiasaan yang dilakukan dengan dua cara yaitu membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dan hafalan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V MI Muhammadiyah Watubelah Banjarnegara? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V MI Muhammadiyah Watubelah Banjarnegara? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yaitu peneliti berusaha untuk menjelaskan keadaan yang telah ada dengan tujuan menemukan fakta. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an, wawancara dengan kepala madrasah, guru kelas V dan siswa kelas V serta dokumentasi. Hasil pengamatan program pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V dilaksanakan dengan dua kegiatan yaitu kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dan kegiatan hafalan sendiri-sendiri. Pembiasaan yang diterapkan pada kelas V ini bertujuan untuk membantu siswa pada saat siswa di kelas VI, karena di kelas VI akan dilaksanakan Khotmil Qur’an. Faktor pendukung pembiasaan membaca Al-Qur’an kelas V yaitu siswa yang mematuhi tata tertib madrasah dan ketentuan hafal juz 30 dijadikan sebagai syarat untuk naik ke kelas VI, dan pengawasan dari guru. Faktor penghambat yaitu kurangnya alokasi waktu dan siswa kelas V yang banyak mengikuti latihan dalam rangka Pekan Olahraga Daerah pada Bulan Januari – Februari. Kata Kunci: Pembiasaan, Membaca Al-Qur’an. date: 2015-07-01 date_type: published pages: 113 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NURUL FAIZAH LESTARI, NIM : 11480006 (2015) PROGRAM PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH WATUBELAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19492/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19492/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf