%0 Thesis %9 Skripsi %A WAHYU DIANTORO HIDAYAT, NIM : 11480073 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2015 %F digilib:19499 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah %P 177 %T KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIN JEJERAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19499/ %X WAHYU DIANTORO HIDAYAT. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran di MIN Jejeran Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Guru dianggap sebagai orang yang banyak mengetahui kondisi belajar, juga permasalahan belajar yang dihadapi oleh peserta didik. Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling menonjol yakni metode pengajaran dan media sebagai alat bantu pengajaran. Media yang diggunakan tidak harus beli dan harganya mahal, tetapi guru dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan termasuk penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah guru atau wali kelas satu sampai enam. Objeknya adalah pembuatan media pembelajaran oleh guru wali kelas. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan hal berikut; pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Media pembelajaran yang digunakan berjenis teknologi informasi, cetak dan lingkungan. Pembuatan media pembelajaran dengan cara; pertama analisis kurikulum, kedua analisis sumber belajar, ketiga memilih dan menentukan media. Pemanfaatan media dilakukan dengan menyesuaikan materi pelajaran dan dipadukan dengan metode serta strategi yang berfariasi. Penilaian terhadap media dilakukan dengan dua cara tes dan non tes. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah %Z Andi Prastowo, M.Pd.I