eprintid: 19500 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/95/00 datestamp: 2016-02-22 07:27:45 lastmod: 2016-02-22 07:27:45 status_changed: 2016-02-22 07:27:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PUTRI RAHMADHANI, NIM. 11481002 title: PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR EFEKTIF TERIIADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIN WONOSARI GUNUNG KIDUL ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: ebiasaan belajar efektif, prestasi belajar siswa note: Luluk Mauluah, M.Si. abstract: Putri Rahmadhani. Pengaruh Kebiasaan Belajar Efektif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI MIN Wonosari Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Mempelajari matematika adalah penting, karena bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswi kelas VI MIN Wonosari juga merasakannya. Mereka ingin menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik, dan mendapatkan nilai prestasi belajar yang tinggi. Akan tetapi waktu yang dibutuhkan untuk belajar di sekolah terbatas. Sehingga, perlu kebiasaan belajar efektif (keteraturan, kedisiplinan, dan konsentrasi) dalam mempelajarinya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebiasaan belajar efektif siswa kelas VI MIN Wonosari, Gunung Kidul? (2) Bagaimana pengaruh kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI MIN Wonosari, Gunung Kidul ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MIN Wonosari. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi, dan analisis regesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebiasaan belajar efektif siswa kelas VI MIN Wonosari terlihat dari besarnya pengaruh aspek keteraturan sebesar 52,8%, aspek kedisiplinan sebesar 51,6%, dan aspek konsentrasi sebesar 55%. 2) Kebiasaan belajar efektif mempunyai nilai hitung korelasi 0,783 lebih besar dari tabel dari taraf signifikasi 5% (0,413). Menyatakan ada hubungan positif antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar matematika. Koefisien korelasi sebesar 0,783 memberi pengaruh 61,3% terhadap prestasi belajar matematika dan sisanya sebanyak 38,7% berasal dari faktor lain. Dengan persamaan regesi ( ). Hal ini berarti kebiasaan belajar yang efektif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci: kebiasaan belajar efektif, prestasi belajar siswa date: 2015-10-08 date_type: published pages: 117 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: PUTRI RAHMADHANI, NIM. 11481002 (2015) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR EFEKTIF TERIIADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIN WONOSARI GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19500/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19500/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf