relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19502/
title: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA I
creator: RENI MULATSIH, NIM: 11481009
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya proses kegiatan belajarmengajar  yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Jawa dengan jumlah  siswa yang berlebih dalam satu kelas, dan guru bukan merupakan tenaga ahli.  Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi  manajemen kelas yang diterapkan guru dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Adapun  masalah yang dirumuskan adalah implementasi manajemen kelas yang kondusif  dalam pembelajaran Bahasa Jawa, faktor penghambat dan pendukung, serta hasil  implementasi manajemen kelas yang kondusif. Hasil penelitian ini diharapkan  mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan guru mengenai pentingnya  manajemen kelas dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran  Bahasa Jawa sehingga tercapai suatu tujuan yang sudah ditentukan.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN  Yogyakarta I. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru mata pelajaran  Bahasa Jawa, kepala madrasah, serta siswa kelas III MIN Yogyakarta I.  Pengumpulan data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan cara  mendeskripsikan dan menganalisis sama data lapangan serta membuat  kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi manajemen kelas  dilakukan dalam pembelajaran Bahasa Jawa dengan mempersiapkan persiapan  pembelajaran dan menerapkan dalam kegiatan belajar-mengajar yang kondusif,  (2) faktor penghambat: dari guru bukan tenaga ahli, dari siswa terdapat faktor  penghamabat seperti jumlah siswa berlebih, dari madrasah tidak adanya pelatihan  khusus, faktor pendukung: dari guru kediplinan, tanggung jawab, hubungan baik  dan kelas terkoordinir, faktor pendukung dari siswa: kebersihan, kerapian siswa  dan antusiasme siswa, faktor dari madrasah: sarana-prasarana yang memadai, (3)  hasil implementasi manajemen kelas siswa antusias dalam mengikuti  pembelajaran Bahasa Jawa, hasil belajar siswa meningkat, guru dengan mudah  menerapkan pendekatan dan mengatur strategi, karena situasi kelas dapat  dikendalikan.  Kata kunci: manajemen kelas, kondusif dan pembelajaran Bahasa Jawa
date: 2015-07-31
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19502/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19502/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   RENI MULATSIH, NIM: 11481009  (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA I.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.