TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Murtono,MSi ID - digilib1953 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1953/ A1 - Ely Khamidah NIM : 03460496, Y1 - 2009/05/04/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan metode pembelajaran siswa aktif melalui pndekatan konstruktivisme dan mendapatkan masukan sebagai evaluasi setelah diimplikasikannya penggunaan metode pembelajaran siswa aktif yang diharapkan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pengembangan metode pembelajaran siswa aktif melalui pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran fisika (2) untuk memperoleh model pembelajaran baru setelah diimplikasikannya metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Develompment Research) melalui model 4-D mengacu pada model Instruksional menurut IDI (Instructional Development Intitute) yang terdiri dari tahap pendevinisian (devine), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap pendevinisian (disseminate). Penelitian dilaksanakan di SMP N 3 Bobotsari Purbalingga pada kelas VIII B dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil penelitian pengembangan metode pembelajaran siswa aktif konstruktivisme menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa setelah dilakukannya implikasi metode pembelajaran diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 60% pada desiminasi 1, 59.83% pada desiminasi 2 dan 61% pada desiminasi 3. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - siswa aktif KW - aktivitas siswa M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SISWA AKTIF KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMPN 3 BOBOTSARI PURBALINGGA AV - none ER -