%0 Thesis %9 Skripsi %A IMA WIDYA PRATIWI, NIM 11250006 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2015 %F digilib:19572 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendampingan Belajar, Anak asuh, PSAA Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. %T PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK ASUH DI PSAA YOGYAKARTA UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI GUNUNG KIDUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19572/ %X Pendampingan Belajar Anak Asuh di PSAA Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilakukan di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. Berdasarkan penelitian sebelumnya belum ada penelitian yang berkaitan tentang judul Pendampingan Belajar Anak Asuh di PSAA Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. Peneliti mengkaji dan meneliti bagaimana bentuk intervensi yang dilakukan dalam proses pendampingan belajar anak asuh di PSAA Budhi Bhakti serta hambatan dalam pendampingan belajar anak asuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di PSAA Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber formal dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang meliputi pekerja sosial, pengasuh, pramu sosial dan anak asuh. Sedangkan sumber informal yaitu anak asuh. Penelitian ini menggunakan teori pendampingan dan teori belajar yang didalamnya memuat beberapa unsur mengenai proses pendampingan dan tata cara menghadapi anak asuh, kelompok atau komunitas di PSAA Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. Pendampingan belajar dilakukan secara kolektif dan individu yaitu secara keseluruhan dan nantinya akan mengerucut pada anak asuh yang membutuhkan pendampingan khusus seperti anak TK dan SD. Pendampingan belajar yang dilakukan terhadap anak asuh merupakan pendampingan yang sesuai dengan program kerja yang telah disepakati. Proses pendampingan belajar anak asuh dilakukan oleh pekerja sosial, pengasuh, pramu sosial. Bentuk intervensi yang dilakukan ialah dengan menggunakan cara pengkondisian dan pendampingan. Hal ini dilakukan dengan cara berkala terus menerus dengan objek tujuannya adalah anak asuh. Hasil penelitian ini ialah proses pendampingan yang dilakukan pengasuh dalam memberikan pelayanan berupa bentuk pendampingan belajar yang menitikberatkan kepada pelayanan menyeluruh dan bentuk pengkondisian kepada anak asuh serta prinsip pengasuh panti yang mengedepankan dan memprioritaskan layanan terhadap anak. Kata Kunci : Pendampingan Belajar, Anak asuh, PSAA Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul. %Z Asep Jahidin, S.Ag, M.Si