<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan"^^ . "Dewasa ini, pendidikan telah memasuki dan menjadi bagian tak\r\nterpisahkan dari kawasan publik. Lihatlah misalnya, ketika pemerintah\r\nmembuat dan melaksanakan kebijakan Ujian Nasional (UN).\r\nMasyarakat terbelah menjadi dua kutub yang saling berseberangan,\r\nada yang pro dan kontra dengan kebijakan tersebut. Artinya, UN tidak\r\nhanya menjadi bagian/urusan segelintir orang atau kelompok tertentu,\r\ntetapi menjadi bagian/urusan masyarakat Indonesia pada umumnya.\r\nDengan demikian, UN sebagai sebuah produk kebijakan pendidikan\r\ntelah menjadi kebijakan publik.\r\nBambang (2008) memberikan pertimbangan rasional mengenai\r\nkebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Pertama, kebijakan\r\npendidikan mempunyai dampak terhadap masyarakat secara luas.\r\nKedua, untuk mengimplementasikan kebijakan pendidikan diperlukan\r\ndana publik yang sangat besar, bahkan alokasi dana untuk\r\npendidikan merupakan alokasi terbesar jika dibanding dengan alokasi\r\ndana untuk sektor publik lainnya. Danim (2005) mengungkapkan bahwa penelitian kebijakan\r\ndilaksanakan dengan menempuh langkah-langkah yang secara\r\numum sama dengan penelitian tradisional. Perbedaan utamanya\r\nterletak pada telaah pustaka dan perumusan rekomendasi hasil studi.\r\nTelaah pustaka dalam penelitian kebijakan sifatnya bukan\r\npredetermined theory atau predefined theory (berbasiskan teori),\r\ntetapi berdasarkan data. Sifat rekomendasinya tidak sama dengan\r\nrumusan rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian tradisional.\r\nRumusan rekomendasi yang dibuat harus dianalisis ulang untuk\r\nkemungkinan dimodifikasi.Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan, hal-hal sebagai\r\nberikut:\r\n1. Penelitian kebijakan pendidikan adalah suatu penelitian tentang\r\nkebijakan pendidikan yang telah ada. Kebijakan pendidikan\r\nmerentang dari proses perumusan, implementasi, kinerja, dan\r\nlingkungan kebijakan pendidikan.\r\n2. Penelitian kebijakan pendidikan dapat dibedakan dengan analisis,\r\nmonitoring, dan evaluasi kebijakan pendidikan. Analisis kebijakan\r\npendidikan adalah merupakan proses inisiasi dari perumusan\r\nkebijakan pendidikan. Monitoring kebijakan pendidikan adalah\r\nsuatu kegiatan yang dilaksanakan ketika sebuah kebijakan\r\npendidikan. Evaluasi kebijakan pendidikan adalah kegiatan yang\r\ndilakukan setelah kebijakan pendidikan."^^ . "2010-11-30" . . . "Unpublished"^^ . . . . . . . . "SIGIT"^^ . "PURNAMA"^^ . "SIGIT PURNAMA"^^ . . . . "Makalah disampaikan dalam diskusi kelas Program Doktor Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang"^^ . . . . . "Malang"^^ . . . . . . "Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan (Text)"^^ . . . . "SIGIT PURNAMA - Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan.pdf"^^ . . . "Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19595 \n\nDesain Penelitian Kebijakan Pendidikan\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .