%0 Thesis %9 Skripsi %A NOPRIAWAN MAHRIADI, NIM 11240105 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2016 %F digilib:19601 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Raudhatul Ulum. %P 98 %T STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN STUDI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KEC INDRALAYA KAB OGAN ILIR SUMATERA SELATAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19601/ %X Nopriawan Mahriadi. Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Pondok Pesantren” Studi Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kec Indralaya Kab Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya manajemen pemasaran untuk menjual dan memasarkan pondok pesantran kepada masyarakat dan meyakinkan para ilmuan dan pemuda untuk menuntut ilmu di pondok pesantren terutama menghadapi era baru yaitu pesantren yang moderen. Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan Strategi Pemasaran di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kec. Indralaya Kab. Ogan Ilir Sumsel dalam menjaga existensinya di tengah arus persaingan era moderenisasi mencakup 4P dari Marketing Mix. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum dalam aspek 4P dari marketing mix prodct, price, promotion, place “ dalam menghadapi persaingan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Kotler & Armstrong untuk Strategi pemasaran terdiri dari unsur-unsur pemasaran yang terpadu (4P dari Marketing Mix yaitu Product, Price, Promotion, Place) yang selalu berkembang, sejalan dengan gerak lembaga. Menjawab dari rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada dewan guru dan santri pondok pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kec Indralaya Kab Ogan Ilir Sum-Sel. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa pondok pesantren Raudhatul Ulum melakukan Strategi Pemasaran dalam memperoleh santri dengan berbagai macam strategi pemasaran diantaranya melalui media dakwah, periklanan, perbaikan mutu pendidikan dan fasilitas pesantren. Hasil dari strategi pemasaran pondok pesantren Raudhatul Ulum menghasilkan dampak positif dan negatif dampak positifnya memberi dampak ekonomi yang kuat bagi pondok pesantren dan semakin banyak orang yang bersekolah di sana. Dampak negatif menurunnya kepercayaan karena memasarkan produk dengan masif dan banyaknya santri yang ingin bersekolah di pondok pesantren tidak diimbangi dengan SDM yang ada. Keyword: Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Raudhatul Ulum. %Z Drs. Mokh Nazili, M.Pd