TY - THES N1 - A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si ID - digilib19627 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19627/ A1 - LILY RETNO ANGGRAINI, NIM. 10220025 Y1 - 2016/01/11/ N2 - Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada keresahan peneliti terhadap fenomena rendahnya kecerdasan sosial anak di masyarakat. Salah satu faktor yang melatarbelakangi terbentuknya kecerdasan sosial anak adalah pola asuh yang diterapkan orang tua ataupun pengasuh sehingga orang tua atau pengasuh harus memahami pola asuh yang dapat diterapkan kepada anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh pengasuh dengan kecerdasan sosial anak. Hipotesis kerjanya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh pengasuh dengan kecerdasan sosial anak. Hubungannya positif yakni semakin baik pola asuhnya maka semakin baik pula kecerdasan sosialnya. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 87 anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan skala pola asuh dan kecerdasan sosial. Analisis korelasi menggunakan Product Moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat korelasi yang sangat signifikan antara pola asuh pengasuh dengan kecerdasan sosial anak, hal ini terlihat nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,649 dengan p=0.000 (p<0.01) maka Ho ditolak (terdapat hubungan antara variabel X dan Y). Berdasarkan penghitungan dengan program SPSS 16.00 for windows maka didapatkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.422 yang artinya pengaruh variabel bebas (pola asuh pengasuh) terhadap variabel terikat (kecerdasan sosial sosial) sebesar 42,2 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pola Asuh Pengasuh KW - Kecerdasan Sosial Anak. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN POLA ASUH PENGASUH DENGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ YOGYAKARTA AV - restricted EP - 268 ER -