%A NIM 11220025 INGGAR DZURRIYA AULI %O Dr. Nurjannah, M.Si %T STUDI KASUS SISWA FOBIA SEKOLAH SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN SLEMAN YOGYAKARTA %X Masa sekolah bagi sebagian anak merupakan salah satu masa yang menyenangkan dan paling dinantikan oleh anak. Namun pada kenyataanya tidak semua anak merasa bahwa masa sekolah merupakan masa yang menyenangkan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya anak mendapat ejekan dari teman sekelasnya. Hal semacam inilah yang dapat menyebabkan anak mengalami fobia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran gejalagejala yang dialami penderita fobia sekolah, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya fobia, upaya yang dilakukan guru kelas pada perilaku fobia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah satu siswa yang mengalami fobia sekolah . Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala yang dialami anak fobia sekolah adalah menolak pergi ke sekolah, rasa percaya diri yang rendah, tantrum saat berangkat sekolah, faktor yang menyebabkan terjadinya fobia sekolah adalah rasa takut berpisah dari ibu, pola asuh orangtua, anak berfantasi yang membesarkan realitas, dan kurangnya pengetahuan anak, upaya guru dalam mengatasi perilaku fobia adalah bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru lainnya menggunakan metode pembiasaan, layanan home visit, dan berkoordinasi dengan orangtua. %K Studi kasus, Fobia sekolah, Siswa SDIT Salsabila %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19629