%0 Thesis %9 Skripsi %A KHORIDATUL BAHIYAH, NIM. 10420045 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2016 %F digilib:19632 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K qawā’id, mukhtaṣ ar alfiyah ibnu mālik, Wahid Hasyim. %P 166 %T PEMBELAJARAN QAWĀ’ID DENGAN BUKU MUKHTAṢAR ALFIYAH IBNU MĀLIK TERBITAN PONPES WAHID HASYIM (ANALISIS MATERI) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19632/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penyusunan materi pembelajaran qawā’id dalam buku mukhtaṣ ar alfiyah ibnu mālik terbitan Ponpes Wahid Hasyim yang hanya berjumlah empat puluh delapan bait naẓ am. Penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk mengetahui filosofi penyusunan materi pembelajaran qawā’id dan bagaimana seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi pembelajaran qawā’id dalam buku tersebut. Sementara itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis isi (contentanalysis) dalam menganalisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) filosofi penyusunan materi pembelajaran qawā’id ini berhubungan dengan karakter sederhana dan praktis yang membudaya di Ponpes Wahid Hasyim, dan (2) seleksi: setelah diamati, ditemukan beberapa tema materi yang belum tercantum ketika dibandingkan dengan tiga referensi yang berbeda, terdapat kesalahan penulisan tema berbahasa Arab, dan juga ada bait naẓ am yang terlewatkan. Gradasi: perbedaan urutan naẓ am sangat mencolok dan terkesan acak dengan beberapa referensi lainnya dan satu bait yang tidak berasal dari naẓ am alfiyah ibnu mālik. Presentasi: penulisan naẓ am disertai terjemahan berbahasa Jawa dan Indonesia, dan makna pegon, tetapi belum sesuai dengan standar penulisan yang baik dan benar. Repetisi: tidak ada, karena buku ini hanya digunakan sebagai pendukung materi pembelajaran qawā’id sebelumnya. Sehingga, buku ini masih perlu diadakan perbaikan sebagaimana harusnya. Kata kunci: qawā’id, mukhtaṣ ar alfiyah ibnu mālik, Wahid Hasyim. %Z Dr. H. Tulus Musthofa, Lc., M.A