relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19634/ title: PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM BAGI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015 creator: ISMAIL SHOLEH, NIM. 10420102 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Ismail Sholeh,10420102,” Penerapan Metode Mimicry Memorization Dalam Pembelajaran Al-Kalam Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015”, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015 dan tingkat efektivitas metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala kepala MA Darul Qur’an Wonosari, guru Bahasa Arab dan siswa MA Darul Qur’an Wonosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa Kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul adalah meniru dan menghafal yang dilakukan secara berulang-ulang yang pada akhirnya memberikan dampak kepahaman pada siswa secara langsung dan otomatis. Berdasarkan pengamatan peneliti, dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MA Darul Qur’an sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedural pelaksanaan pembelajarannya itu sendiri, yaitu guru meminta siswa untuk menirukan materi yang diucapkan oleh guru, siswa meniru guru dengan cara melafalkankannya dengan tepat dan benar, guru mengajak siswa untuk melafalkan materi dan arti berulang-ulang sampai tiga kali. Penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa Kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul mimicry memorization dalam pembelajaran kalam ditinjau dari respon bagi siswa kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015 dikatakan efektif, karena jumlah persentase penilaian baik dan sangat baik lebih dari pada jumlah persentase penilaian kurang baik dan cukup baik, yaitu : 91,16% > 8.82% . Kata kunci : Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Mimicry Memorization , MA Darul Qur’an date: 2016-01-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19634/1/10420102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19634/2/10420102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ISMAIL SHOLEH, NIM. 10420102 (2016) PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM BAGI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.