%0 Thesis %9 Other %A TRI WAHYUNI NUGRAHANTI, NIM. 11480047 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2015 %F digilib:19660 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika, Pecahan %P 179 %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI PECAHAN UNTUK MI/SD KELAS IV %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19660/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik materi pecahan untuk MI/SD kelas IV, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik materi pecahan untuk MI/SD kelas IV, (3) mengetahui respon peserta didik kelas IV MI/SD terhadap modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik materi pecahan untuk MI/SD kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Prosedur penyusunan modul matematika materi pecahan terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan modul ini yaitu menggunakan lembar angket. Modul dinilai oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, peer reviewer, pendidik, dan direspon oleh peserta didik MIN Tempel dalam uji coba terbatas. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu pertama telah dikembangkan bahan ajar modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik materi pecahan untuk MI/SD kelas IV, kedua yaitu didapat hasil penilaian kelayakan modul matematika materi pecahan. Hasil penilaian menurut ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 41. Hasil penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 69. Hasil penilaian ahli bahasa adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 25. Hasil penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 106. Hasil penilaian pendidik kelas IV adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 106. Dengan demikian, modul matematika mater pecahan ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV MI/SD, ketiga dari hasil respon peserta didik maka didapat kesimpulan bahwa peserta didik merespon positif adanya modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik materi pecahan untuk kelas IV MI/SD. Kata Kunci: Modul Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika, Pecahan %Z Dra. Hj. Endang Sulistyowati. M.Pd.I