eprintid: 19661 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/96/61 datestamp: 2016-03-07 01:33:11 lastmod: 2016-03-07 01:33:11 status_changed: 2016-03-07 01:33:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EVI OKTAVIA, NIM: 11480048 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI KERAJAANKERAJAAN DI INDONESIA UNTUK KELAS V MI/SD ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Penelitian Pengembangan, Model Pembelajaran Kooperatif note: Dr. Sigit Purnama, M.Pd abstract: Evi Oktavia, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia untuk Kelas V MI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan LKS IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif materi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia untuk kelas V MI/SD, (2) mengetahui kelayakan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif materi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia untuk kelas V MI/SD Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Kerajaan-Kerajaan Di Indonesia untuk Siswa Kelas V MI/SD. Penelitian ini untuk mengetahui masukan dan penilaian dari para ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media, peer reviewer, serta untuk mengetahui kelayakan LKS berdasarkan penilaian dari 2 guru MI/SD kelas V dan 10 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan LKS terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development and Production, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini prosedur pengembangan hanya sampai tahap ADD (Analysis, Design, Development and Production). Instrumen penilaian yang yang digunakan untuk melihat kelayakan LKS ini yaitu menggunakan lembar angket. LKS ini dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer dan 2 guru kelas V dan direspon 10 siswa MI Al Ihsan Medari melalui ujicoba terbatas. Hasil penelitian adalah LKS IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Kerajaan-Kerajaan Di Indonesia untuk Siswa Kelas V MI/SD. Berdasarkan penilaian ahli materi kualitas LKS kategori “Sangat Baik” dengan skor penilaian 70, ahli media kualitas LKS kategori “Baik” dengan skor penilaian 36. Berdasarkan penilaian Peer Reviewer kualitas LKS kategori “Baik” dengan skor penilaian 104, dan penilaian dari guru Kelas Vkualitas LKS kategori “Baik” dengan skor penilaian 103. Sedangkan LKS direspon oleh siswa „Positif” dengan skor penilaian 13,3 sehingga LKS IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif ini layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif siswa kelas V MI/SD. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Penelitian Pengembangan, Model Pembelajaran Kooperatif date: 2016-01-02 date_type: published pages: 172 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EVI OKTAVIA, NIM: 11480048 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI KERAJAANKERAJAAN DI INDONESIA UNTUK KELAS V MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19661/1/11480048_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19661/2/11480048_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf