TY - THES N1 - Dr. Maemonah, M.Ag. ID - digilib19662 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19662/ A1 - DWI NUR SAHID, NIM: 11480049 Y1 - 2016/01/01/ N2 - DWI NUR SAHID. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Hadrah di MIN Pajangan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Pada kesenian hadrah banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspek-aspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah dapat ditanamkan dengan cara diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di MIN Pajangan Bantul ekstrakurikuler hadrah merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya madrasah menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler hadrah di MIN Pajangan Bantul, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dikembangkan dalam proses kegiatan ekstrakurikuler hadrah di MIN Pajangan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MIN Pajangan Bantul. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler hadrah dan siswa-siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Untuk informan pendukungnya adalah Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi yaitu teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrakurikuler hadrah MIN Pajangan Bantul diikuti oleh 21 siswa campuran putra dan putri dari kelas III-VI dimana runtutan acara pada setiap latihan adalah pembukaan, pemberian materi vokal dan materi tabuhan, pembacaan shalawat (penggarapan lagu), dan penutup. Pada materi vokal siswa diajarkan untuk mampu menguasai tiga lagu shalawat yaitu Ma?allul Qiyam, Allahumma?alli?alā Muhammad, dan Yā Hanānā. Sedangkan pada materi tabuhan siswa diajarkan tiga tabuhan dasar hadrah yaitu tikah, grinji, dan golong. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam ekstrakurikuler hadrah adalah relegius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, dan tanggung jawab. Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Hadrah, Nilai-nilai Pendidikan Karakter PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Ekstrakurikuler KW - Hadrah KW - Nilai-nilai Pendidikan Karakter M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAJANGAN BANTUL AV - restricted EP - 168 ER -