%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD FAJAR HIDAYAT, NIM. 11220070 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:19687 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode, Pembentukan Karakter Santri %P 140 %T METODE PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI RUMAH TAHFIDZ YATIM DAN DHUAFA PANTI AL-FALAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19687/ %X Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan tujuan untuk mengetahui metode, nilai-nilai dan cara yang sistematis sebgai upaya membentuk sikap dan kebiasaan bagi anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembimbing Rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa Panti Al-Falah, Yogyakarta, sumber lainnya adalah dua anak didik atau santri di Rumah TahfidzYatim dan Dhuafa Panti Al-Falah Yogyakarta. Lokasi penelitian ini berlokasi di Rt 11, Rw 03 Dusun Winong, Desa Krenggan, Kecamatan Kota gede, Kotamadya Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan. Analisis ini mengguanakan metode kualitatif deskriptif, yaitu nilai-nilai karakter yang diajarkan, cara yang sistematis dalam membentuk sikap dan kebiasaan yang bersifat religius bagi anak di Rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa Panti Al-Falah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan, cara yang sistematis sebagai upaya membentuk sikap dan kebiasaan bagi anak didik atau santri di rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa panti Al-Falah Yogyakarta yaitu: Nilai-nilai yang diajarkan oleh pembimbing kepada santri di Rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa panti Al-Falah memiliki karakter yang bersifat religius, penyayang, mandiri, bersahabat, peduli sosial dan lingkungan, disiplin tanggungjawab, serta menghargai perbedaan. Cara yang sistematis dalam upaya membentuk sikap dan kebiasaanyang diterapkan oleh pembimbing kepada santri dirumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa panti Al-Falah yaitu berupa teguran, ceramah motivasi, pembiasaan, Uswah (keteladanan), bimbingan setoran hafalan dan pengertian bagi santri yang tinggal di rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa Panti Al-Falah %Z Dr. Casmini, S.Ag., M.Si.