%A NIM. 11390047 KHOIRUNNISA %O JOKO SETYONO, SE, M.Si. %T PENGARUH ETIKA PEMASARAN ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI CABANG BUGISAN) %X Dengan banyaknya lembaga keuangan syariah yang berdiri baik non-bank ataupun bank, masyarakat muslim Indonesia di hadapkan banyak pilihan untuk menggunakan jasa keuangan syariah. Pada akhirnya kondisi dan situasi ini menciptakan dinamika bisnis yang semakin kompetitif diantara pelaku bisnis dalam sektor industri jasa keuangan syariah. Dengan meningkatnya intensitas persaingan, pada tahap implementasi, etika pemasaran menjadi penting untuk difokuskan dalam rangka membangun image kepercayaan bagi kelangsungan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel etika pemasaran dalam analisis bauran pemasaran yaitu etika pemasaran konteks produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan di BMT BIF Cabang Bugisan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel dipilih dengan kriteria tertentu. Subjek yang dijadikan sampel pada penelitian ini sebanyak 50 anggota aktif BMT BIF Cabang Bugisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0,489, yang berarti bahwa etika pemasaran berpengaruh sebesar 48,9% terhadap keputusan anggota. Secara simultan variabel etika pemasaran Islam bersama sama berpengaruh terhadap keputusan anggota menggunakan produk pembiayaan BMT BIF. Sedangkan secara parsial dapat disimpulkan bahwa dari variabel etika pemasaran dalam analisis bauran pemasaran, hanya dua yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah yaitu etika pemasaran konteks produk dengan t hitung 2,15, serta etika pemasaran kontek harga dengan t hitung 2,904. %K Etika Bisnis Islam, Etika Pemasaran Konteks Produk, Etika Pemasaran Konteks Harga, Etika Pemasaran Konteks Distribusi, Etika Pemasaran Konteks Promosi. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19695