relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19700/ title: ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KOMPENSASI, DAN LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT ORDER SUPLEMEN MAKANAN DAN OBAT-OBATAN HERBAL (STUDI PADA APOTEK-APOTEK DI BANTUL) creator: PUJI WAHYUNINGSIH, NIM. 11390095 subject: Keuangan Islam description: Apotek adalah suatu instansi praktisi kesehatan yang menyediakan jasa layanan kesehatan berupa penjualan obat-obatan baik kimia maupun herbal. Kandungan atau komposisi obat-obatan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi tubuh manusia dalam hal ini sangat diperhatikan, terlebih masyarakat Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Maka, indikator order apotek-apotek di Bantul selayaknya tidak hanya mementingkan kandungan atau komposisi obat-obatan yang aman dikonsumsi, tetapi juga memperhatikan kehalalan produk. Karena masyarakat Muslim adalah pihak yang dirugikan apabila suatu produk yang dikonsumsi merupakan produk yang tidak halal. Karena dalam ajaran agama Islam tidak diperkenankan bagi umat Muslim untuk mengkonsumsi produk-produk yang tidak halal. Seiring dengan banyak kasus pemalsuan label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), penulis melakukan penelitian tentang keputusan pembelian suplemen makanan dan obat-obatan herbal yang berlabel halal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel harga, kualitas produk, kompensasi, dan labelisasi halal terhadap minat order suplemen makanan dan obat-obatan herbal studi pada apotek-apotek di Bantul Yogyakarta. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh apotek yang berada di Kabupaten Bantul. Sampel yang diambil sebanyak 85 apotek. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan memakai rumus slovin. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Di dalam penelitian ini, variabel independen ii yang digunakan adalah variabel harga, kualitas produk, kompensasi, dan labelisasi halal. Sedangkan variabel dependen adalah minat order dalam hal ini adalah minat order suplemen makanan dan obat-obatan herbal pada apotek-apotek di Kabupaten Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk, kompensasi secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat order. Dan secara parsial ketiga variabel berpengaruh signifikan sedangkan satu diantaranya tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan variabel harga memiliki nilai t hitung > t tabel (0,616 > 0,2133), maka berpengaruh signifikan, variabel kualitas produk memiliki nilai t hitung > t tabel (3,575> 0,2133), maka berpengaruh signifikan, variabel kompensasi memiliki nilai t hitung > t tabel (3,929 > 0,2133), maka berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel labelisasi halal memiliki nilai t hitung 0,2133), maka berpengaruh tidak signifikan terhadap minat order. date: 2016-01-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19700/2/11390095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19700/1/11390095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: PUJI WAHYUNINGSIH, NIM. 11390095 (2016) ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KOMPENSASI, DAN LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT ORDER SUPLEMEN MAKANAN DAN OBAT-OBATAN HERBAL (STUDI PADA APOTEK-APOTEK DI BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.