@phdthesis{digilib19721, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN SOFT SKILLS BAGI SISWA MAN TEMANGGUNG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11220099 IRAWATI}, year = {2016}, note = {Dr. Irsyadunnas, M.Ag.}, keywords = {Pengembangan Soft Skills.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19721/}, abstract = {Rendahnya kemampuan soft skills yang dimiliki oleh siswa hingga tingkat mahasiswa, mereka rata-rata sudah bagus dalam penguasaan hard skills, tetapi lemah dalam soft skills. Dalam hal itu terjadi bisa karena proses pembelajarannya, orang tua maupun guru belum secara konsisten menanamkan soft skills kepada siswa, terutama dalam penguasaan berkomunikasi, rasa empati, dan atribut soft skills lainnya yang bermanfaat bagi siswa dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bukan hanya di lingkungan akademisi dituntut untuk mengembangkan soft skills, tetapi pengasahan soft skills juga di dalam agama disuruh untuk mengasahnya supaya menjadi seorang yang profesional dan ahli dibidang yang digeluti. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang cara yang dilakukan oleh MAN Temanggung untuk mengembangkan soft skills siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan soft skills siswa MAN Temanggung terdiri dari kemampuan interpersonal dan personal. Kemampuan interpersonal yang meliputi komunikasi, kerjasama, dan bimbingan pergaulan. Kemampuan personal meliputi kecerdasan emosi dan pengendalian diri, belajar efektif, percaya diri, berfikir positif, kreativitas, problem solving, menumbuhkan jiwa pemimpin sejak dini, menjadi pribadi mandiri, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan.} }