TY - THES N1 - Dr. Irsyadunnas, M.Ag. ID - digilib19725 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19725/ A1 - ANIK MASLAHAH, NIM. 11220103 Y1 - 2015/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai bentuk ?bentuk bimbingan pribadi sosial bagi anak tunalaras di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang kemudian dirangkum dan dicari makna dan diuraikan yang berbentuk narasi kemudian disimpulkan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bimbingan pribadi sosial bagi anak tunalaras kelas IV di SLB-E Prayuwana yogyakarta adalah:1) Penyesuaian diri yaitu, kemampuan sesorang untuk mencapai keharmonisan dalam menjalin hubungan dengan lingkungannya secara wajar dan mampu untuk bergaul dengan lingkungannya sehingga ia merasa puas terhadap diri sendiri dan lingkungannya itu. 2) Menghadapi konflik, yaitu proses pertentangan yang diekspresikan diantara dua pihak atau lebih yang saling tergantung mengenai objek konflik, menggunakan pola perilaku dan interaksi konflik yang menghasilkan keluaran konflik. 3) Pergaulan yaitu,proses interaksi antara individu dengan individu lain untuk mencapaihasil pendidikan yang baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Pribadi Sosial KW - Anak Tunalaras M1 - skripsi TI - BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL BAGI ANAK TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 92 ER -