%A NIM. 11220121 SRILESTARI PUJIASTUTI %O Drs. H. Abdullah, M.Si. %T METODE BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PERILAKU AGRESIF ANAK TUNALARAS SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini bahwa berangkat dari perilaku agresif anak tunalaras yaitu anak yang mengalami gangguan perilaku dan penyesuaian sosial baik di lingkungan sekolah ataupun masyarakat. Perilaku agresif anak tunalaras yang nampak seperti memukul, berkata kotor, dan menendang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh pembimbing dalam memberikan bantuan terhadap perilaku agresif anak tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tiga orang anak yang diambil dari kelas 3 dan 4 dan pembimbing. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah cara yang dilakukan oleh pembimbing dalam memberikan bantuan terhadap perilaku agresif anak tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang dilakukan oleh pembimbing dalam memberikan bantuan terhadap perilaku agresif anak tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta adalah dengan cara langsung meliputi 1) bimbingan klasikal, 2) bimbingan individual, 3) bimbingan kelompok, 4) home visit dan cara tidak langsung menggunakan media komunikasi visual berupa papan bimbingan. Cara tersebut dapat mengatasi perilaku agresif anak tunalaras SLB E Prayuwana Yogyakarta. %K metode bimbingan konseling, perilaku agresif. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib19733