TY - THES N1 - A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si ID - digilib19742 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19742/ A1 - USWATUN KHASANAH, NIM. 11220122 Y1 - 2015/12/08/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari maraknya siswa yang mengalami stres belajar seperti, prestasi belajar menurun, perilaku membolos, tidak masuk tanpa keterangan, dan merokok di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang metode yang digunakan guru BK pada bimbingan pribadi sosial dalam mengurangi dampak stres belajar dan untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan stres belajar pada siswa SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan purposive sampling, yakni guru BK dan 5 siswa sebagai sumber data pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan pribadi sosial dalam mengurangi dampak stres belajar yang digunakan guru BK yaitu dengan metode individual dan metode kelompok. Metode individual dilaksanakan melalui konseling individual, kunjungan rumah, konsultasi sedangkan metode kelompok dilaksankan melalui bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal. Kemudian dampak yang ditimbulkan dari stres belajar berdampak jelas terhadap perilaku dan psikologi siswa SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - bimbingan pribadi sosial KW - stres belajar M1 - skripsi TI - BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENGURANGI DAMPAK STRES BELAJAR SISWA SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 98 ER -