relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19744/ title: PENGEMBANGAN MEDIA “DITAQU” BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI TPA LB A YAKETUNIS YOGYAKARTA creator: DEA ANGGA WISESA, NIM. 11410047 subject: Pendidikan Agama Islam description: DEA ANGGA WISESA. Pengembangan Media “Ditaqu” Berbasis Android untuk Peserta Didik Difabel Netra di TPA LB A Yaketunis Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah media sebagai sumber belajar difabel netra masih sangat jarang dijumpai. Keterbatasan media pembelajaran ini seperti memunculkan diskriminasi pada difabel netra. Peserta didik difabel netra membutuhkan media yang efektif, efisien, fleksibel dan menarik untuk belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah aplikasi pembelajaran berbasis Android karena aplikasi Android dapat memadukan media audio dan sentuhan. Android memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah mudah untuk di operasikan termasuk bagi difabel netra karena Google sebagai pihak utama pengembang telah menciptakan fasilitas aksestabilitas bagi difabel netra. TPA LB A Yaketunis adalah satu-satunya TPA difabel netra di Indonesia yang terdaftar di Badan Koordinator (Badko) TPA Provinsi. Melalui bimbingan dari Badko TPA Yogyakarta, TPA LB A Yaketunis menjadi satu-satunya TPA yang memiliki standar pengelolaan TPA yang baik bagi difabel. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Android sebagai bahan belajar difabel netra. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengambil latar TPA LB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall. Tahap pengembangan tersebut adalah identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan perbaikan desain. Media ditaqu berbasis Android ditinjau oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian berupa data kuantitatif kemudian dianalisis serta dikonversi menggunakan kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kendala yang dihadapi peserta didik difabel netra dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah tidak tersedianya media pembelajaran yang praktis dan lengkap sebagai sumber belajar mandiri. 2) Media pembelajaran berbasis Android dapat dikembangkan untuk pembelajaran peserta didik difabel netra dengan memanfaatkan fitur aksestabilitas Talkback. 3) Berdasarkan penelitian, media “Ditaqu” berbasis Android memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dari para reviewer (ahli media dan ahli materi) yakni mencapai skor persentase 90,8%. Skor tersebut merupakan rata-rata dari penilaian ahli media dengan skor 96,5% dan dua ahli materi dengan skor 85%, sehingga media “Ditaqu” bisa digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik difabel netra. date: 2016-01-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19744/2/11410047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19744/1/11410047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: DEA ANGGA WISESA, NIM. 11410047 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA “DITAQU” BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI TPA LB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.