@phdthesis{digilib1976, month = {May}, title = {STRATEGI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI ANTARA BIOLOGI DAN ISLAM DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { NILUFA NIM: 03450467}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Satino, M.Si. Muqowwim, M.Ag.}, keywords = {Strategi Terintegrasi, SMAIT Abu Bakar, IMTAQ}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1976/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran terintegrasi antara Biologi dan Islam di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui fakor-faktor pendukung dan penghambat yang terkait dengan pelaksanaannya dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran terintegrasi, dan pengaruhnya terhadap peningkatan kualitas IMTAQ siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis naturalistic. Data yang diperoleh dalam bentuk hasil wawancara, observasi dan angket tanggapan siswa terhadap pelaksanaan strategi pembelajaran terintegrasi antara Biologi dan Islam di SMAIT Abu Bakar yogyakarta. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan memaparkan hasil wawancara, observasi dan angket siswa dengan angka persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran terintegrasi antara Biologi dan Islam di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta dapat terlaksana dengan baik. Keterlaksanaan ini karena ada faktor pendukung antara lain: lingkungan sekolah yang kondusif dengan model Boarding school, fasilitas yang mendukung, dan latar belakang siswa yang sebagian besar sudah mengetahui konsep integrasi. Namun demikian, masih ditemukan beberapa faktor penghambat antara lain belum adanya buku panduan khusus tentang pembelajaran yang terintegrasi. Strategi ini ditanggapi baik oleh siswa dan berakibat positif pada peningkatan kualitas IMTAQ dan akhlak siswa. } }