eprintid: 19762 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/97/62 datestamp: 2016-03-11 06:45:25 lastmod: 2016-03-11 06:45:25 status_changed: 2016-03-11 06:45:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SABAR SETIYORINI, NIM. 11410115 title: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH KOMUNITAS INSPIRATOR MIPA PADA ANAK-ANAK MARJINAL DI KAMPUNG LEDHOK TIMOHO KELURAHAN MUJA MUJU KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: PAI, Komunitas Inspirator MIPA, anak Marjinal note: Dr. Sabaruddin, M.Si abstract: SABAR SETIYORINI. Pendidikan Agama Islam oleh Komunitas Inspirator MIPA Pada Anak-Anak Marjinal di Kampung Ledhok Timoho Kelurahan Muja Muju Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa agama merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan manusia. Setiap waktu manusia membutuhkan agama. Jadi agama dipelajari dan dipraktekkan oleh semua maryarakat tanpa terkecuali. Ini dilakukan oleh orang kaya, miskin, tua, muda dan sebagainya. Penelitian ini mencoba mengungkapkan bagaimana pendidikan Agama Islam yang diterima pada anak-anak marjinal di kampung Ledhok Timoho dimana pendidikan agama ini dilakukan bukan di sekolah melainkan di lingkungan sekitar dalam bentuk TPA. Dan uniknya pendidikan ini ditangani oleh relawan dari konunitas Inspirator MIPA yang basicnya adalah pendidikan umum, bukan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah komunitas Inspirator MIPA dan anak-anak marjinal di kampung Ledhok Timoho. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dukumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, yaitu dengan mengecek data ke beberapa sumber yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) pelaksanaan PAI oleh komunitas Inspirator MIPA dilaksanakan setiap sore selama 90 menit dengan sistem one on one. Materi yang diberikan meliputi keimanan, ibadah, Al-Qur’an dan Akhlak. Metode yang digunakan yaitu nasihat, pembiasaan, tanya jawab, darmawisata, bernyanyi, dan hafalan (2) hasil dari pelaksanaan PAI adalah Anak-anak sudah hafal bermancam-macam doa dan bacaan sholat, Meningkatnya kesadaran akan pendidikan dalam masyarakat, Kemauan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar meningkat, Menghormati yang lebih tua dan mengasihi yang muda, Anak berakhlakul karimah, mampu membaca dan menulis Al-Qur’an, berbuat baik terhadap semua makhluk Tuhan, selalu mengucapkan terimakasih, saling menyapa dan saling menolong dan memberi maaf, dapat memelihara lingkungan dengan baik. (3) faktor pendukung berasal dari personalia, anak marjinal, sarana prasarana, dan hubungan dengan warga. Sedangkan faktor penghambat berasal dari belum adanya kurikulum, pemanfaatan sarana prasana yang kurang baik, kurangnya kesadaran pentingnya pendidikan pada orang tua, sikap relawan yang kurang baik, tipe anak yang beraneka ragam, emosi yang tidak stabil dan kerjasama anatara komunitas dengan orang tua yang kurang baik. date: 2016-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SABAR SETIYORINI, NIM. 11410115 (2016) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH KOMUNITAS INSPIRATOR MIPA PADA ANAK-ANAK MARJINAL DI KAMPUNG LEDHOK TIMOHO KELURAHAN MUJA MUJU KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19762/2/11410115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19762/1/11410115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf