<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I"^^ . "AINNA KHOIRON NAWALI. Dampak Penerapan Kurikulum\r\nKementerian Agama Dan Kurikulum Pesantren Terhadap Peningkatan Hasil\r\nBelajar PAI di MAN Yogyakarta I. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan\r\nAgama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri\r\nSunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya\r\nMadrasah maupun Sekolah umum yang menerapkan kurikulum pesantren sebagai\r\nkurikulum penunjang kurikulum di sekolah / madrasah khususnya pada mata\r\npelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal tersebut yang membuat beberapa\r\nlembaga pendidikan mendirikan Pondok, Asrama, atau Boarding School, guna\r\nmendorong program sekolah tersebut. Begitupun juga yang terjadi di MAN\r\nYogyakarta I, disanapun juga mendirikan pondok pesantren “Al Hakim” untuk\r\nmenambah cakrawala santri terhadap referensi keilmuan islam. Yang menjadi\r\npermasalahan, bagaiman dampak yang ditimbulkan dengan penerapan kurikulum\r\nkemenag dan kurikulum pesantren terhadap peningkatan hasil belajar PAI, dari\r\nhal itu bisa disimpulkan apakah dengan penerapan dua kurikulum tersebut secara\r\nberbarengan akan membuat siswa mengalami peningkatan terhadap hasil belajar\r\nPAInya, atau justru dengan penerapan dua kurikulum tersebut akan membuat\r\nsiswa terbebani dan konsentrasi belajarnya terpecah, sehingga akan membuat\r\ndampak penurunan terhadap hasil belajar PAInya. Tujuan dari dilakukannya\r\npenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan dua\r\nkurikulum (Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren) terhadap peningkatan\r\nhasil belajar PAI di MAN Yogyakarta I dan juga untuk mengetahui kelebihan dan\r\nkekurangan dalam dua penerapan kurikulum tersebut.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil\r\nlatar MAN Yogyakarta I. Subjek Penelitiannya adalah Guru PAI, Ustadz, Siswa\r\ndan Santri. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan,\r\nwawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis.\r\nPemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya\r\nanalisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang sudah\r\ndiperoleh, kemudian diolah dan dianalisis agar dapat ditarik kesimpulan.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dalam penerapannya,\r\nKurikulum pesantren hanya sebagai materi pendukung, artinya kurikulum\r\nkemenag masih menjadi prioritas utama dibanding kurikulum Pesantren. (2)\r\nDampak dan pencapaiannya dalam penerapan dua kurikulum tersebut mempunyai\r\ndampak positif terhadap hasil belajar PAI pada siswa, seperti nilai siswa ponpes\r\nlebih bagus dari pada nilai siswa non ponpes dari segi ranah kognitif, afektif dan\r\npsikomotorik (3) Kelebihannya dua kurikulum diterapkan secara baik, akan\r\nmembuat siswa semakin banyak menguasai materi pelajaran agama, sehingga\r\nakan mendongkrak nilai ujian. Namun kekurangannya terjadi ketidak sesuaian\r\nantara materi kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren, karena materi yang\r\ntidak disampaikan secara berurutan dan juga alokasi waktu yang sangat sedikit."^^ . "2016-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410178"^^ . "AINNA KHOIRON NAWALI"^^ . "NIM. 11410178 AINNA KHOIRON NAWALI"^^ . . . . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Text)"^^ . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Text)"^^ . . . "11410178_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . . "DAMPAK PENERAPAN\r\nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA\r\nDAN KURIKULUM PESANTREN\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI\r\nDI MAN YOGYAKARTA I (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #19770 \n\nDAMPAK PENERAPAN \nKURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA \nDAN KURIKULUM PESANTREN \nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI \nDI MAN YOGYAKARTA I\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .